Kamis, 23 April 2009

Skateboard: Pilih Murah atau Bagus #2






Kemarin kita sudah tahu bagaimana mengecek wheel dan bearing yang bagus saat memilih skateboard. Selain itu yang juga harus dicek adalah:



Deck. Bagian ini adalah yang paling repot untuk dicek. Umumnya, kita harus mencari deck yang terbuat dari kayu berlapis-lapis yang dipress, pinggiran skate-nya juga harus mulus dan rounded. Kalau gambar di bawah deck-nya terlihat murah, biarkan saja. Itu bukan masalah. Lihat pinggiran decknya dan pastikan kalau boardnya memang terdiri dari beberapa lapisan (laminates). Cara yang cukup hardcore untuk mencobanya adalah dengan berdiri di atas board, letakan dua kaki di bagian tengah, dan tekan-tekan board itu dengan seluruh berat badan. Deck yang bagus bisa terasa stabil dan tidak melengkung. Tapi ingat! Lakukan ini pelan-pelan. Kalau ternyata deck-nya memang kualitas sampah, dan tiba-tiba retak karena terlalu keras ditekan, bisa-bisa kita malah harus membelinya karena kita merusaknya.



Yang terakhir harus kita perhatikan adalah harganya. Jika skateboard yang kita temui berharga di bawah 300.000 IDR, sebaiknya jangan ditindak lebih lanjut. Skateboard yang berkualitas harus dibuat dengan bahan yang bagus, mulai dari kayunya, metalnya (untuk truck), sampai urethane-nya (untuk wheel). Harga antara 300.000 – 500.000 IDR mungkin adalah harga termurah untuk mendapat skateboard berkualitas standar.



Tapi sekali lagi kembali ke tujuan kita membeli skateboard. Kalau kita hanya ingin main sekali-sekali untuk iseng-iseng, skateboard kualitas rendah tidak jadi masalah. Tapi jika kita ingin main serius secara rutin, sebaiknya pilih yang kualitas bagus, karena selain tahan lama, kontrolnya juga lebih mendukung.

2 komentar:

  1. gan gue mau beli nih,ada uang 800,yang bagus tipe apa ya gan?
    Apa gue ngrakit sendiri gan?

    BalasHapus